Press "Enter" to skip to content

Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil tahun 2017/2018

Sidoarjo. Salah satu agenda rutin tahunan yang dilakukan sebuah sekolah adalah melakukan evaluasi, atau mengadakan ulangan. Mulai tanggal 28 November 2017 di SMA Negeri Olahraga (SMANOR) Sidoarjo sedang dilakukan Penialian Akhir Semester (PAS) Ganjil, yang direncanakan akan selesai tanggal 8 November 2017. Sekarang istilahnya PAS bukan UAS (Ulangan Akhir Semester), hal ini disesuaikan dengan istilah yang digunakan di sistem kurikulum 2013.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Sebagaimana yang dijelaskan dalam Pedoman Penilaian K-13 (dalam Permendiknas No 23 tahun 2017), penilian atas hasil belajar dilakukan untuk mengukur capaian peserta didik terhadap kompetensi yang telah ditetapkan. Hasil dari PAS digabungkan dengan hasil penilaian harian, tugas, dan penilaian otentik selama kegiatan pembelajaran berlangsung akan didapatkan nilai akhir sebagai nilai rapor semester ganjil.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

PAS tahun ini secara umum berlangsung dengan baik dan tertib. Persiapan pelaksanaan PAS, yang diawali dengan rapat koordinasi yang dipimpin Bapak Kepala Sekolah, Herman Saleh, S.ST, yang ditindak lanjuti dengan pembagian tugas kepanitiaan. Salah satu hal yang diluar antisipasi pantia adalah pelaksanaan PAS kali ini bersamaan dengan beberapa event pertandingan. Hal ini menyebabkan banyak siswa yang tidak mengikuti kegiatan PAS, karena harus menjalankan tugasnya sebagai atlit. Pada awal pelaksanaan PAS setidaknya ada beberapa cabor yang harus membawa atlitnya bertanding diantaranya : Judo, Atletik, Anggar, Voli Pantai. Setelah cabor-cabor tersebut menyelesaikan pertandingannya dan atlitnya kembali ke sekolah, ganti cabor lain yang harus bertanding diantaranya : Pencak Silat, dan Selam.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Ketidakhadiran siswa dalam sebuah kegiatan penting semacam PAS tentu dimaklumi, karena siswa-siswa SMANOR adalah atlit yang selain bersekolah mereka memiliki tugas untuk mengikuti berbagai event pertandingan sesuai agenda atau program pelatih. Seperti disampaikan oleh penanggung jawab pelaksanaan PAS Bapak M.Rohani, M.Pd, yang juga merupakan wakasek mengatakan, “itu sudah tugasnya anak-anak, kita akan siapkan jadwal pelaksanaan PAS susulan. Jadi hal itu bukan masalah”.

 

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.